Sah! Presiden Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor
Sah! Presiden Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Sah! Presiden Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Jakarta, Sweethome – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor per hari Senin (8/1/2024) di Kota Depok, Jawa Barat.

Sebelumnya, ruas tol ini sudah mulai beroperasi dan digunakan sejak bulan Desember lalu untuk melayani arus mudik maupun balik Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Diketahui, peresmian ini dihadiri oleh berbagai tokoh. Seperti Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menhub Budi Karya Sumadi, Mendag Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, hari ini jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, saya resmikan,” ujar Jokowi di Gate Tol Limo Utama.

Jokowi mengungkap ruas tol ini memiliki panjang hingga 14,8 kilometer dengan total investasi yang dikeluarkan sebesar Rp 4 triliun.

“Jalan tol ini tentu akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di area Jabodetabek. Ada lingkar dalam, ada JORR 1, JORR 2, dan jalan tol yang diresmikan ini merupakan bagian dari JORR 2,” terang Jokowi.

Rangkaian ruas tol ini dioperasikan oleh dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Pertama yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan jalan tol Serpong-Cinere. Kedua, PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) yang mengoperasikan jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Jokowi juga menambahkan bahwa ruas tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor akan rampung dalam waktu dekat oleh Kementerian PUPR. Ia memberikan target penyelesaian tol ini pada kuartal II 2024.

“Beberapa kilometer lagi akan diselesaikan di kuartal II tahun ini. Pengoperasian tol ini akan lebih memberikan banyak pilihan bagi masyarakat untuk menjangkau Bandara Soekarno-Hatta tanpa memasuki dalam kota,” ungkap Jokowi.

Mendukung Mobilitas yang Tinggi

Hadirnya tol ini, tentu akan memudahkan masyarakat dari arah Depok ataupun Bogor menuju Bandara Soekarno-Hatta. Untuk waktu tempuhnya sendiri dari Cimanggis ke Cengkareng hanya 30 menit.

“Hal ini juga akan memperlancar mobilitas orang dan barang logistik. Tujuannya untuk mengurangi kemacetan dengan banyaknya alternatif menggunakan ruas jalan yang lebih lancar,” pungkas Jokowi.

Melihat adanya kemudahan akses tersebut, kawasan di sekitar tol ini akan semakin menjadi primadona. Termasuk bagi orang-orang bermobilitas tinggi yang sedang mencari hunian.

Salah satu proyek perumahan yang cocok untuk segmentasi tersebut adalah Valencia Premiere Depok. Perumahan ini merupakan mahakarya dari Gethome yang berlokasi di sunrise property area di selatan Jakarta.

Mengusung konsep kontemporer dan futuristik, Valencia memiliki lokasi yang sangat strategis karena dekat dengan dua gerbang tol sekaligus. Gerbang tol pertama yaitu tol Cinere-Jagorawi dan kedua ialah tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor.

Dengan Valencia Premiere Depok, Homies hanya akan membutuhkan waktu 18 menit untuk menuju ke Bandara Soekarno-Hatta melalui gerbang tol tersebut.

Nah, bagi Homies yang bekerja di daerah Jakarta Selatan bahkan Tangerang Selatan sekalipun, Valencia Premiere Depok bisa menjadi pilihan utama hunian, supaya bepergian ke kantor menjadi lebih mudah dan cepat.

Baca Selengkapnya: Terkuak! Begini Prospek dan Nasib Sektor Properti di Tahun 2024

(DA/HSP)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *