Waspada! Terlilit Utang Pinjol Bikin Susah Ambil KPR Lho
Waspada! Terlilit Utang Pinjol Bikin Susah Ambil KPR Lho

Waspada! Terlilit Utang Pinjol Bikin Susah Ambil KPR Lho

Jakarta, Sweethome – Dewasa ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat dana secara cepat, salah satunya melalui pinjaman online (Pinjol). Namun, riwayat tersebut bisa menjadi malapetaka. Mulai dari terlilit pinjol hingga sulit mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maraknya penggunaan pinjol di Indonesia ini bisa berdampak pada skor kredit. Lantas, apa itu skor kredit?

Diketahui, skor kredit sendiri adalah tingkat kemampuan nasabah dalam membayar debitur atau ketetapan dalam pembayaran pokok dan bunga.

Selain itu, OJK juga pernah mengungkap kalau setiap ada pinjol, pasti otomatis akan tercatat dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Jadi, kalau utang pinjol tertunggak, skor kredit akan berpengaruh.

“Pada bulan November 2023 silam, penggunaan pinjol tercatat mencapai Rp59,38 triliun. Nominal tersebut mengalami kenaikan sebesar 18,05% daripada tahun lalu (yoy),” tulis OJK.

Adapun jumlah nasabah yang menunggak dalam kondisi terjaga di posisi 2,81% pada November 2023. Angka ini turun tipis daripada Oktober 2023 yang berada di posisi 2,89%.

KPR Ditolak

Sejalan dengan hal itu, Tim Ekonom Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), Winang Budoyo mengungkap ada sebesar 30% pengajuan KPR ditolak karena nasabah terlilit pinjol.

“Kalau ada data yang menunjukkan paling tidak 30%, ya itu terpaksa kita tolak karena terlibat pinjol. Pinjol di sini maksudnya tunggakan,” jelas Tim Ekonom Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) itu.

“Menyedihkannya, tunggakan itu hanya Rp100.000-Rp200.000 saja. Tetapi karena nominal itu nasabah jadi nggak bisa ikut KPR. Itulah kenyataan yang harus dihadapi,” tambahnya.

Di samping itu, Winang juga mengungkap, jika sampai saat ini ada sekitar 12,7 juta keluarga yang masih belum memiliki rumah. Sehingga kebutuhan KPR di masyarakat masih sangat tinggi.

Maka dari itu, Gethome sebagai agregator properti hadir untuk membantu keluarga khususnya di Indonesia yang hendak memiliki rumah. Salah satunya dengan cara KPR.

Bersama Gethome, Homies bisa memiliki rumah impian dengan berbagai tipe kekinian mulai dari Rp500 jutaan saja lho. Dengan harga segitu, Homies juga nggak perlu pusing karena sudah free biaya-biaya tambahan lainnya juga.

Penasaran gimana cantiknya rumah dengan budget yang nggak bikin dompet nangis itu? Langsung saja kunjungi website Gethome atau hubungi WhatsApp kami di sini ya, Homies!

Baca Selengkapnya: Rupiah Melemah Sejak Covid-19, Dolar AS Tembus Rp16.400!

Penulis: Dhea Alvionita

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *